Selasa, 09 Juni 2009

Tambang Emas (Cigaru, Kecamatan Simpenan Kab. Sukabumi))


Dalam peta geologi formasi, Jampang sudah sangat terkenal sejak jaman Belanda, penelitian ini sudah dilakukan sejak tahun 1900-an bahkan sudah mulai adanya upaya eksploitasi namun gagal karena perang dengan Jepang, ironisnya saat ini potensi tersebut belum juga tergarap. Cerita lama mengenai daerah Perjampangan yang kaya turun temurun diwariskan oleh nenek moyang orang pajampangan sampai saat ini, namun juga sangat disayangkan sampai saat ini daerah tersebut masih tertinggal. Kenyataan formasi Jampang yang dibanggakan oleh beberapa ahli geologi Jawa Barat pada masa itu pun masih terbatas mimpi, secercah harapan muncul ketika UPT LIPI Jampang Kulon melakukan penelitian menggandeng pihak Canada akan tetapi ini pun kandas ditengah jalan.
Potensi Emas di areal ini cukup besar dan sangat menjanjikan untuk di kapitalisasi oleh PD. ATE Kabupaten Sukabumi. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian LIPI pada tahun 1997. Menurut pemikiran kami, block emas diwilayah ini perlu dilakukan kapitalisasi oleh PD. Aneka Tambang dan Energi Kabupaten Sukabumi, selain potensinya yang sudah jelas dimana PD. ATE tidak perlu melakukan investasi eksplorasi dan banyaknya investor yang tertarik untuk melakukan kapitalisasi block ini.
Peluang
  • Tingginya harga emas dipasaran pada saat ini dan kecenderungan naik, mengakibatkan banyaknya perusahaan yang ingin melakukan investasi ke areal ini.
  • Adanya informasi pemilik IUP eksploitasi, PT. Humanas Putra Interbuana menawarkan ke investor, karena ketidakmampuan secara kapital untuk melakukan eksploitasi.
  • Adanya keseriusan PT. Asia Resource Investment untuk bekerjasama mengelola tambang emas di block Simpenan, Cigaru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar